Pages

20 May 2011

Sistem Informasi Geografis

Adalah alat dan metode untuk memvisualkan, manipulasi, analisis dan menampilkan data spasial yang bereferensi geografis


Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah hasil kerja perangkat komputer, perangkat lunak, data geografi dan proses disain dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan menyimpan, menganalisis, merubah dan menampilkan seluruh bentuk informasi tentang geografi (Dangermond, 1992).




 Konsep Model SIG



 Perbandingan SIG dengan pemetaan manual


Manfaat aplikasi SIG

Inventarisasi Sumber Daya Alam. 
Melalui penerapan GIS, dapat diidentifikasi tentang potensi-potensi alam yang tersebar di suatu wilayah. Identifikasi ini akan memudahkan dalam pengelolaan sumber alam untuk kepentingan orang banyak.

Disaster Management.
Artinya, aplikasi GIS dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan rehabilitasi pasca bencana. Misalnya, saat bencana tsunami menerjang Aceh dan Nias, Badan Rehabilitasi - Rekonstruksi Aceh - Nias (BRR Aceh-Nias) menggunakan GIS untuk memetakan kondisi terkini dan menentukan prioritas pembangunan di lokasi yang paling parah kerusakannya.

Penataan Ruang & Pembangunan sarana-prasarana. 
Manfaat teknologi GIS yang ketiga ini dapat berbentuk banyak hal. Mulai dari untuk analisis dampak lingkungan, daerah serapan air, kondisi tata ruang kota, dan masih banyak lagi. Penataan ruang menggunakan GIS akan menghindarkan terjadinya banjir, kemacetan, infrastruktur dan transportasi, hingga pembangunan perumahan dan perkantoran.

Investasi Bisnis dan Ekonomi.
Dengan adanya peta informasi daerah, dapat ditentukan arah pembangunan. Dan para investor pun bisa menentukan strategi investasinya berdasarkan kondisi geografis yang ada, kondisi penduduk dan persebarannya, hingga peta infrastruktur dan aksesibilitas.

Pertahanan & Komunikasi. 
Peta data spasial dapat berguna bagi pemerintah untuk mengidentifikasi batas-batas perairan dan daratan. Dari segi komunikasi, GIS bisa berguna untuk mengidentifikasi dan menentukan persebaran coverage menara transmitter atau BTS.

Games, Entertainment dan Edutainment. 
Di negara-negara maju, aplikasi ini dimanfaatkan untuk membuat permainan interaktif seperti SIM City. Juga untuk fungsi hiburan layaknya yang dilakukan di film-film Hollywood. Pemerintah sendiri bisa ambil bagian dalam mengembangkan aplikasi GIS untuk fungsi pendidikan, seperti Globe, Atlas, dan peta interaktif lainnya.

Keunggulan SIG

 1. Kemudahan & kecepatan akses data yang  bervolume besar dan mendukung tampilan multilayers.


 2. Kemampuan membuat link ke dataset/database (tabular) lain



 3. Kemampuan untuk analisis karakteristik spasial


4. Kemampuan visualisasi data spasial dalam berbagai cara



 5. Kemampuan menghasilkan output analisis sesuai kebutuhan: peta, grafik, dll.















No comments:

Post a Comment

Post a Comment